Jumat, 15 Februari 2013 - , , , , 3 komentar

Pulau Pasir, Keajaiban Tiada Batas


Sekilas, Pulau Pasir yang terletak di Desa Keciput, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini terlihat tidak begitu istimewa jika dibandingkan dengan pulau-pulau kecil lainnya, seperti Pulau Lengkuas, Pulau Burung, Pulau Batu Burung Garuda, Pulau Kepayang (dahulu pernah disebut sebagai Pulau Aji, Pulau Gede, dan Pulau Babi) , dan sebagainya. Pulau Pasir merupakan pulau kecil dengan daratan yang hanya terdiri dari pasir berwarna sangat putih dan halus dengan luas kurang lebih 60-70 meter persegi tanpa adanya ‘hiasan’ lain, seperti pepohonan, mercusuar, ataupun batu-batuan granit. Kepolosan Pulau Pasir yang terlihat begitu sederhana dan tidak menonjol ini justru menjadikannya lebih unik dibandingkan pulau-pulau lainnya. Apalagi Pulau Pasir dipercaya sebagai pulau ajaib oleh penduduk Belitung. Kepercayaan ini muncul karena Pulau Pasir hanya bisa dilihat apabila air laut sedang surut yang terjadi pada bulan Maret hingga Oktober di mana ombak dan arus laut cenderung tenang. Sedangkan saat air laut pasang, pasir pulau ini tidak dapat terlihat dan pemandangan yang diperoleh hanyalah cipratan ke atas gelombang air laut dari berbagai arah yang bertemu di satu titik. Ajaib dan eksotis, bukan? Tidak salah masyarakat setempat menganggap Pulau Pasir sebagai keajaiban alam Belitung.

Selain keberadaan Pulau Pasir yang sangat bergantung kebaikan cuaca, keunikan lain pulau ini adalah memiliki banyak bintang laut berukuran besar (sebesar telapak tangan manusia dewasa) yang bisa diajak berfoto bersama. Bintang laut berukuran besar ini bisa ditemukan di perairan sekitar Pulau Pasir atau jika kita sedang beruntung, bintang laut ini juga bisa ditemukan di sekitar garis tepi pantai Pulau Pasir. Tetapi, ingat, bintang laut ini boleh dibawa keluar dari habitatnya untuk jangka waktu yang pendek saja karena bintang laut tidak tahan berada terlalu lama di luar air laut. Selain itu, bintang laut ini hanya boleh diambil untuk keperluan dokumentasi dan bukan untuk dijadikan koleksi. Ups!

Nah, bagi kalian pecinta sunset, bisa juga menikmati pemandangan sunset secara lapang dan tak berbatas di pulau ini. Warna langit senja yang memikat ditambah dengan kejernihan permainan ombak serta pasir pantai yang sangat putih membuat sore hari terasa begitu segar. Di samping itu, Pulau Pasir juga menyediakan surga bagi para penangkap sunrise. Kita bisa mengikuti langkah demi langkah yang ditempuh sang surya ketika beranjak naik ke singgasananya dari pulau ini. Untuk yang mau melihat sunrise, sangat disarankan untuk berada di Pulau Pasir sebelum pukul 05.00 WIB.

Sungguh suatu pengalaman fantastis bisa berkunjung ke pulau seribu kejaiban ini! Dijamin kita pun akan lebih mencintai Indonesia dengan segala keajaiban yang belum banyak terekspos dunia luar setelah berkunjung ke Belitung. Happy exploring, all!

CP informasi lengkap wisata Belitung, tour guide, itinerary, booking hotel, dan restoran:
Rhofik Pramuajie (disapa Rere atau Adjie)
082184474949 / 081803158370
Babel.watch@gmail.com
Pin BB: 2694386



Bintang laut dan Pulau Pasir..
*foto dok pribadi RERE GS


Pulau Pasir ketika laut pasang
*foto dok pribadi RERE GS


Narsis di Pulau Pasir :)
*foto dok pribadi RERE GS


Pulau Pasir dari kejauhan dengan pemandangan perahu-perahu kecil yang menyandar
*foto dok pribadi RERE GS

3 komentar:

Unknown 16 Februari 2013 pukul 02.10

Jadi pengen nie....... :-)
kapan ya kesana...hehe

Alannobita 16 Februari 2013 pukul 11.11

wahhh.. bintang lautnya gede yah :D

anotherorion 21 Februari 2013 pukul 21.44

pulaunya cuman pasir doang ya? gak abis ya kena ombak??

Posting Komentar

Blogroll

Backstreet Boys - As Long As You Love Me